Selasa, 19 Februari 2019

UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MENGAJAR IPS MELALUI PEMBINAAN KONSEP PRESENTASI POWER POINT SDN __________________________ TAHUN PELAJARAN …………………..


BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH PTS
Penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa pengaruh yang besar dalam bidang pendidikan. Akibat dari pengaruh tersebut telah mendorong berbagai usaha pembaharuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Sehubungan dengan masalah tersebut diatas, maka dalam pelaksanaan pendidikan dibutuhkan tenaga pendidik (guru) yang memiliki kemampuan dan kecakapan didalam proses belajar mengajar :
Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar menurut Syaiful Bahri Djamara (1998 : 58 – 129) adalah sebagai berikut :
a.   Kemampuan menguasai bahan yang diajarkan
b.   Kemampuan mengelola kelas
c.   Kemampuan mengelola proses belajar mengajar
d.   Kemampuan menggunakan media
e.   Kemampuan menguasai landasan-landasan kependidikan
f.    Kemampuan mengelola interaksi belajar mengajar
g.   Kemampuan menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
h.   Mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan
i.    Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
j.    Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna kepentingan pengajaran
Dari uraian tersebut sudah jelas bahwa kehadiran media dalam proses belajar mengajar mempunyai peranan penting untuk membantu memperkaya wawasan anak didik serta mencapai tujuan pembelajaran.
Aneka macam bentuk dan jenis media pendidikan menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi anak didik.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan pada saat menggunakan media menurut Nana Sudjana (1991 : 104) adalah :
1.   Menentukan jenis media dengan tepat artinya harus sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran
2.   Menetapkan atau memperhitungkan subyek dengan tepat artinya harus disesuaikan dengan tingkat kematangan/kemampuan anak didik
3.   Menyajikan media dengan tepat artinya teknik dan metode penggunaan media dalam pengajaran harus disesuaikan dengan tujuan, bahan, metode, waktu dan sarana yang ada.
4.   Menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu, tempat dan situasi yang tepat.
Oleh karena itu dalam penggunaan media untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien harus memperhatikan prinsip tersebut. Penggunaan media secara tepat akan membantu mengurangi verbalisme, agar guru bidang studi IPS dan anak didik mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar dapat diketahui dari hasil kinerja guru selama KBM dan belajar siswa melalui angket dan kuisioner serta evaluasi hasil belajar.
Mengingat pentingnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian  tindakan sekolah yang berhubungan dengan media, yang lebih khususnya adalah pengaruh penggunaan media Presentasi Power Point  terhadap hasil  kinerja guru selama proses belajar megajar di SDN ________  Kecamatan ________   Kabupaten ______  Propinsi ___________.

B.  RUMUSAN MASALAH PTS
Berdasarkan   tema tersebut penulis berpendapat bahwa,  “…adakah pengaruh Media Presentasi Power Point   dalam menunjang keberhasilan guru mengajar IPS dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa  di SDN _____  Kecamatan ______   Kabupaten _______ ? ”.

C.  HIPOTESIS TINDAKAN  SEKOLAH
Hipotesis adalah dugaan sementara terhadap permasalahan penelitian yang kebenarannya perlu dibuktikan melalui data yang terkumpul.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut diatas, maka peneliti selaku penulis mempunyai hipotesis  sebagai berikut :
Ada pengaruh penggunaan media Presentasi Power Point terhadap hasil belajar siswa   kelas V  SDN _____  Kecamatan ______   Kabupaten _______ Tahun Pelajaran ___/____  sebagai upaya efektif belajar IPS”.

D.  VARIABEL DAN DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL
1.   Variabel
Di dalam judul penelitian ini mengandung dua variable yaitu :
a.   Variabel bebas adalah : media Presentasi Power Point 
b.   Variable terikat adalah : hasil kinerja guru dan prestasi belajar siswa
2.   Definisi Operasional Variabel
a.   Media Presentasi Power Point 
Adalah media yang dirancang  dari data tulisan komputer (Ms. Power Pont) sehingga dapat  dijadikan tulisan animasi yang  bisa bergerak dan memiliki variasi bentuk dan jenis font serta mempunyai kelebihan sebagai berikut :
1. Gambar yang diproyeksikan baik di layer monitor maupun di LCD lebih jelas
2. Guru sambil belajar dapat berhadapan dengan siswa
3. Jenis huruf yang bervariasi bentuk serta ukurannya bisa memancing siswa untuk memperhatikan tulisan di layar monitor atau di LCD
4. Memungkinkan penyajian diskriminasi warna dan menarik minat
    siswa
5. Mudah dioperasikan
b.   Hasil Belajar
Adalah hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan media Presentasi Power Point
E.  TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN
1.   Bagi peneliti
a.   Untuk memperoleh pengalaman praktis dalam pembinaan konsepsi pembelajaran inovatif melalui penelitian ilmiah sesuai dengan kompetensi eksperimen yang sudah diterima dari Tim Asesor. 
b.   Menerapkan ilmu yang selama ini diperoleh melalui pengembangan work shop, diklat dan seminar kepengawasan sekolah.
 
2.   Bagi sekolah
a.   Mengembangkan sikap positif terhadap penggunaan media pendidikan informatika ke dalam kegiatan proses belajar mengajar
b.   Membangkitkan minat guru untuk memanfaatkan media pendidikan
c.   Dapat dijadikan tolok ukur dalam mencari suatu hambatan atau masalah yang dihadapi sehubungan dengan kegiatan belajar mengajar siswa.


ATAU HUBUNGI KAMI