BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG MASALAH PTS
Penemuan-penemuan
baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa pengaruh yang
besar dalam bidang pendidikan. Akibat dari pengaruh tersebut telah mendorong
berbagai usaha pembaharuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Sehubungan
dengan masalah tersebut diatas, maka dalam pelaksanaan pendidikan dibutuhkan
tenaga pendidik (guru) yang memiliki kemampuan dan kecakapan didalam proses
belajar mengajar :
Kemampuan
dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan proses belajar
mengajar menurut Syaiful Bahri Djamara (1998 : 58 – 129) adalah sebagai berikut
:
a. Kemampuan
menguasai bahan yang diajarkan
b. Kemampuan mengelola kelas
c. Kemampuan mengelola proses belajar mengajar
d. Kemampuan menggunakan media
e. Kemampuan menguasai landasan-landasan
kependidikan
f. Kemampuan mengelola interaksi belajar
mengajar
g. Kemampuan menilai prestasi siswa untuk
kepentingan pengajaran
h. Mengenal fungsi dan program bimbingan dan
penyuluhan
i. Mengenal dan menyelenggarakan administrasi
sekolah
j. Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan
hasil penelitian pendidikan guna kepentingan pengajaran
Dari
uraian tersebut sudah jelas bahwa kehadiran media dalam proses belajar mengajar
mempunyai peranan penting untuk membantu memperkaya wawasan anak didik serta
mencapai tujuan pembelajaran.
Aneka macam
bentuk dan jenis media pendidikan menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi anak
didik.
Beberapa
prinsip yang harus diperhatikan pada saat menggunakan media menurut Nana
Sudjana (1991 : 104) adalah :
1. Menentukan jenis
media dengan tepat artinya harus sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran
2. Menetapkan atau memperhitungkan subyek dengan
tepat artinya harus disesuaikan dengan tingkat kematangan/kemampuan anak didik
3. Menyajikan media dengan tepat artinya teknik
dan metode penggunaan media dalam pengajaran harus disesuaikan dengan tujuan,
bahan, metode, waktu dan sarana yang ada.
4. Menempatkan atau memperlihatkan media pada
waktu, tempat dan situasi yang tepat.
Oleh
karena itu dalam penggunaan media untuk mencapai tujuan yang efektif dan
efisien harus memperhatikan prinsip tersebut. Penggunaan media secara tepat
akan membantu mengurangi verbalisme, agar guru bidang studi IPS dan anak didik
mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan. Keberhasilan kegiatan belajar
mengajar dapat diketahui dari hasil kinerja guru selama KBM dan belajar siswa
melalui angket dan kuisioner serta evaluasi hasil belajar.
Mengingat
pentingnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar, maka penulis
tertarik untuk mengadakan penelitian
tindakan sekolah yang berhubungan dengan media, yang lebih khususnya
adalah pengaruh penggunaan media Presentasi Power Point terhadap hasil kinerja guru selama proses belajar megajar di
SDN ________ Kecamatan ________ Kabupaten ______ Propinsi ___________.
B. RUMUSAN
MASALAH PTS
Berdasarkan tema
tersebut penulis berpendapat bahwa, “…adakah pengaruh Media Presentasi Power
Point dalam menunjang keberhasilan guru
mengajar IPS dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa di SDN _____
Kecamatan ______ Kabupaten
_______ ? ”.
C. HIPOTESIS
TINDAKAN SEKOLAH
Hipotesis adalah dugaan sementara terhadap permasalahan
penelitian yang kebenarannya perlu dibuktikan melalui data yang terkumpul.
Berdasarkan rumusan
masalah tersebut diatas, maka peneliti selaku penulis mempunyai hipotesis sebagai berikut :
“Ada pengaruh penggunaan media Presentasi
Power Point terhadap hasil belajar siswa
kelas V SDN _____ Kecamatan ______ Kabupaten _______ Tahun Pelajaran
___/____ sebagai upaya efektif belajar
IPS”.
D. VARIABEL
DAN DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL
1. Variabel
Di dalam
judul penelitian ini mengandung dua variable yaitu :
a. Variabel bebas
adalah : media Presentasi Power Point
b. Variable terikat adalah : hasil kinerja guru
dan prestasi belajar siswa
2. Definisi
Operasional Variabel
a. Media Presentasi
Power Point
Adalah
media yang dirancang dari data tulisan
komputer (Ms. Power Pont) sehingga dapat
dijadikan tulisan animasi yang
bisa bergerak dan memiliki variasi bentuk dan jenis font serta mempunyai
kelebihan sebagai berikut :
1.
Gambar yang diproyeksikan baik di layer monitor maupun di LCD lebih jelas
2.
Guru sambil belajar dapat berhadapan dengan siswa
3.
Jenis huruf yang bervariasi bentuk serta ukurannya bisa memancing siswa untuk
memperhatikan tulisan di layar monitor atau di LCD
4.
Memungkinkan penyajian diskriminasi warna dan menarik minat
siswa
5.
Mudah dioperasikan
b. Hasil Belajar
Adalah
hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar
dengan menggunakan media Presentasi Power Point
E. TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN
1. Bagi peneliti
a. Untuk memperoleh
pengalaman praktis dalam pembinaan konsepsi pembelajaran inovatif melalui
penelitian ilmiah sesuai dengan kompetensi eksperimen yang sudah diterima dari
Tim Asesor.
b. Menerapkan ilmu yang selama ini diperoleh
melalui pengembangan work shop, diklat dan seminar kepengawasan sekolah.
2. Bagi sekolah
a. Mengembangkan
sikap positif terhadap penggunaan media pendidikan informatika ke dalam
kegiatan proses belajar mengajar
b. Membangkitkan minat guru untuk memanfaatkan
media pendidikan
c. Dapat dijadikan tolok ukur dalam mencari
suatu hambatan atau masalah yang dihadapi sehubungan dengan kegiatan belajar
mengajar siswa.
ATAU HUBUNGI KAMI