BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.
Belajar akan lebih bermakna bila anak
mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak
indera daripada hanya mendengarkan orang atau guru yang menjelaskannya. Proses
belajar tidak hanya sekedar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka,
tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan
pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dip[ahami secara baik
dan tidak mudah dilupakan.
Anak usia
sekolah dasar berada pada tahapan operasi konkret, anak yang berada di kelas
awal sekolah dasar adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia
dini merupakan masa yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi
kehidupan seseorang.
Dari pantauan terhadap proses Pembelajaran Tematik pada saat
melaksanakan pengawasan akademik, nampak bahwa pembelajaran tematik belum
dilaksanakan sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik (berpusat pada
siswa, memberikan pengalaman langsung, pemisahan matapelajaran tidak begitu
jelas, menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran, bersifat fleksibel, hasil
pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, dan menggunakan prinsip belajar sambil
bermain dan menyenangkan), motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran
belum optimal. Disisi lain guru menyadari belum memahami sepenuhnya tentang
pembelajaran tematik baik dalam pelaksanaan pembelajarannya maupun perangkat
yang diperlukan (Silabus, Program Semester dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Dengan
memperhatikan persoalan tersebut, perlu adanya upaya Pengawas Sekolah dalam
rangka membantu guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan proses
pembelajaran tematik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pengawas sekolah
adalah melaksanakan pembinaan akademik dalam pembelajaran tematik bagi guru
kelas I segugus 03 Kecamatan ________________ melalui Penelitian Tindakan Kepengawasan.
Dari latar belakang tersebut di
atas maka didalam Penelitian Tindakan Kepengawasan ini penulis mengetengahkan
judul : ” Meningkatkan Profesionalisme
Guru dalam Pembelajaran Tematik melalui Pembinaan Pengawas Sekolah Gugus 03 Kecamatan
________________ Semester 2 Tahun
Pelajaran 2016/2017”.
B. Rumusan Masalah.
Seseorang yang akan melakukan
penelitian tidak akan terlepas daripada obyek, yang pada dasarnya adalah suatu
masalah yang harus diselesikan atau dipecahkan. Tidak ada suatu reseach atau
penelitian tanpa obyek. ”Masalah adalah setiap kesulitan yang menggerakkan
manusia untuk memecahkannya (Winarno Surachmad, 1984).
Dari pengamatan dan wawancara dengan guru kelas I pada
saat melakukan supervisi ternyata guru-guru kelas I gugus 03 Kecamatan
________________
ATAU HUBUNGI KAMI