Selasa, 19 Februari 2019

MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PEMBINAAN PENGAWAS SEKOLAH GUGUS ....... KECAMATAN ................. SEMESTER ....... TAHUN PELAJARAN ..........................

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah.
           Belajar akan lebih bermakna bila anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan orang atau guru yang menjelaskannya. Proses belajar tidak hanya sekedar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dip[ahami secara baik dan tidak mudah dilupakan.
Anak usia sekolah dasar berada pada tahapan operasi konkret, anak yang berada di kelas awal sekolah dasar adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini merupakan masa yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupan seseorang.
Dari pantauan terhadap proses Pembelajaran Tematik pada saat melaksanakan pengawasan akademik, nampak bahwa pembelajaran tematik belum dilaksanakan sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik (berpusat pada siswa, memberikan pengalaman langsung, pemisahan matapelajaran tidak begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran, bersifat fleksibel, hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, dan menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan), motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran belum optimal. Disisi lain guru menyadari belum memahami sepenuhnya tentang pembelajaran tematik baik dalam pelaksanaan pembelajarannya maupun perangkat yang diperlukan (Silabus, Program Semester dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
           Dengan memperhatikan persoalan tersebut, perlu adanya upaya Pengawas Sekolah dalam rangka membantu guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pengawas sekolah adalah melaksanakan pembinaan akademik dalam pembelajaran tematik bagi guru kelas I segugus 03 Kecamatan ________________ melalui Penelitian Tindakan Kepengawasan.
Dari latar belakang tersebut di atas maka didalam Penelitian Tindakan Kepengawasan ini penulis mengetengahkan judul : ” Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Tematik melalui Pembinaan Pengawas Sekolah Gugus 03 Kecamatan ________________ Semester 2  Tahun Pelajaran 2016/2017”.
                                    
B.  Rumusan Masalah.
            Seseorang yang akan melakukan penelitian tidak akan terlepas daripada obyek, yang pada dasarnya adalah suatu masalah yang harus diselesikan atau dipecahkan. Tidak ada suatu reseach atau penelitian tanpa obyek. ”Masalah adalah setiap kesulitan yang menggerakkan manusia untuk memecahkannya (Winarno Surachmad, 1984).
            Dari pengamatan dan wawancara dengan guru kelas I pada saat melakukan supervisi ternyata guru-guru kelas I gugus 03 Kecamatan ________________



ATAU HUBUNGI KAMI