BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Salah satu wujud kepedulian
pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
Indonesia agar mampu bersaing dalam pasar global adalah meningkatkan kualitas
pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Salah
satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan tersebut yaitu mengubah paradigma
pendidikan Sekolah dasar (SD) dari pengajaran yang berpusat pada guru (teacher
centered) kepembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Paradigma
ini menuntut agar guru lebih kreatif dalam meningkatkan pembelajaran sehingga
memungkinkan siswa dapat berekpresi melalui kegiatan-kegiatan nyata yang
menyenangkan dan mampu mengembangkan prestasi siswa secara optimal.
Dimasa yang akan datang
peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat
global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dirancang untuk mengembangkan pengetahuan ,
pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam
memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai
SMP/MTs/SMPLB. Ilmu Pengetahuan Sosial mengkaji seperangkat peristiwa, fakta,
konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memuat materi Geografi, Sejarah,
Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta
didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam
proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam
kehidupan di masyarakat.
Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman
yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Dari pantauan Pengawas Sekolah
dalam melaksanakan tugas kepengawasan di kelas IV SD
...................................., hasil tes pembelajaran mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial Semester 2 tahun
pelajaran 2017/2018 dengan Kompetensi Dasar ”Mengenal pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat” rata-rata nilai siswa adalah 5,5 (seperti
tertera di bawah ini ) :
ATAU HUBUNGI KAMI