Selasa, 19 Februari 2019

MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO SEMESTER ......... TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SD/SMP/SMA ........................................


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar mampu bersaing dalam pasar global adalah meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan tersebut yaitu mengubah paradigma pendidikan Sekolah dasar (SD) dari pengajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) kepembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Paradigma ini menuntut agar guru lebih kreatif dalam meningkatkan pembelajaran sehingga memungkinkan siswa dapat berekpresi melalui kegiatan-kegiatan nyata yang menyenangkan dan mampu mengembangkan prestasi siswa secara optimal.
Dimasa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dirancang untuk mengembangkan pengetahuan , pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. Ilmu Pengetahuan Sosial mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan   dalam    kehidupan     di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Dari pantauan Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas kepengawasan di kelas IV SD ...................................., hasil tes pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  Semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 dengan Kompetensi Dasar ”Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat” rata-rata nilai siswa adalah 5,5 (seperti tertera di bawah ini ) :



ATAU HUBUNGI KAMI