Rabu, 20 Februari 2019

KUNJUNGAN SUPERVISOR PENDIDIKAN TERHADAP INSPEKSI IMPLEMENTATIF PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR DI SDN _______ TAHUN PELAJARAN ____/____

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Tata ruang kantor merupakan hal yang penting dalam manajemen perkantoran. Tata ruang kantor yang tidak baik akan memboroskan tenaga, waktu, menimbulkan rasa tidak tentram dan rasa tidak betah sehingga gairah dan semangat mengajar  menurun. Guna menghindari hal tersebut maka penyusunan tata ruang kantor harus baik dan mampu menciptakan suasana mengajar  yang nyaman dan menyenangkan diharapkan akan mendorong guru dalam mengajar  untuk lebih semangat dalam menyelesaikan tugas pemengajar annya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa semangat mengajar  guru dalam mengajar  dalam melaksanakan tugas sehari-hari dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain kebutuhan nonmateri seperti kebutuhan rohani, perasaan aman pada saat dia mengajar  dan dimasa yang akan datang, serta fasilitas yang cukup dan menyenangkan.
      Tata ruang kantor yang baik sedikit banyak akan dapat membantu penyempurnaan tugas-tugas kantor dan akibatnya mekanisme mengajar  dapat berjalan lancar. Kondisi tempat mengajar  menyenangkan dapat meningkatkan semangat mengajar , oleh karena itu dalam menciptakan kondisi tempat mengajar  yang menyenangkan perlu suatu rancangan penataan ruang yang baik.

B.     Rumusan Masalah Penelitian Tindakan Sekolah

Rumusan masalah dalam makalah ini, adalah sebagai berikut:
Bagaimana kondisi tata ruang kantor di  SDN   __________ Kecamatan   _________Kabupaten ________.  dalam menunjang kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar ?

C.     Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui kondisi tata ruang kantor di   SDN   __________ Kecamatan   _________Kabupaten ________.dalam menunjang kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar

D.     Hipotesis Penelitian Tindakan Sekolah

Dalam penelitian ini penulis mengemukakan bahwa  : “ Ada peningkatan  motivasi mengajar  oleh guru  SDN   __________ Kecamatan   _________Kabupaten ________ dengan adanya tata kantor yang teratur dan nyaman dalam menyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar di  sekolah”

E.      Kegunaan Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam memecahkan suatu masalah baik secara langsung maupun tidak langsung dan
juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang berguna bagi berbagai pihak antara lain:
1.      SDN   __________ Kecamatan   _________Kabupaten ________dalam menunjang kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar, khususnya bagian administrasi kantor:
2.      Sebagai bahan pertimbangan bagi Kepala Sekolah atau pimpinan untuk meningkatkan semangat mengajar  guru dalam mengajar
3.      Sebagai bahan informasi tambahan dalam penyusunan tata ruang kantor.



ATAU HUBUNGI KAMI