Rabu, 20 Februari 2019

INSPEKSI LANGSUNG ATAS PELAKSANAAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PKn OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI SDN _______ SEMESTER _______ TAHUN PELAJARAN ____/____

BAB. I
PENDAHULUAN
           

A. Latar Belakang  Masalah PTS
            Pendidikan merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dalam kehidupan, baik dalam kehidupan individu, keluarga, maupun berbangsa dan bernegara. Majunya sebuah bangsa sangat ditentukan oleh  berkembangkan tidaknya pendidikan dinegara tersebut. Pendidikan merupakan hak setiap manusia sesuai dengan Undang-undang Sistem pendidikan Nasional No.20 tahun  2003 menyatakan bahwa “ setiap warga negara berhak atas kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan agar memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang sekurang-kurangnya setara dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan tamatan pendidikan dasar”.

            Rendahnya mutu pendidikan kita secara hipotesis, penulis nilai sebagai akibat lemahnya penataan kegiatan akademik institusional, lemahnya hal tersebut sekaligus terlihhat dalam kondisi pembelajaran di kelas khususnya, dan proses pembelajaran pada umumnya. Lemahnya mutu pembelajaran antara lain disebabkan oleh karena subsistem yang turut membangun proses itu masih lemah. Usaha kearah perbaikan kualitas pembelajaran sudah dilakukan oleh pihah pemerintahan yaitu Depdiknas, dengan peningkatan kualitas tenaga pengajar, penyedian sarana dan prasarana serta perbaikan kurikulum.
            Pencapaian tujuan pendidikan perlu didukung dengan penyediaan prasarana serta perbaikan kurikulum, dimana kurilukum merupakan pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat sekolah. Kurikulum mendasar dan mencerminkan falsafah sebagai pandangan hidup bangsa. Kearah mana dan bagaimana bentuk bangsa itu, sangat ditentukan dan akan tergambar dalam kurikulum sekarang, mulai dari kurikulum kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah lanjutan dan perguruan tinggi. Kurikulum harus bersifat dinamis lebih menyusuaikan dengan berbagai perkembangan dan lebih memantapkan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.
 Namun demikian kenyataanya bahwa saat ini pelaksanaan kurikulum belum efektif, hal ini disebabkan kurang efesienya pelaksanaan dari lima komponen kurikulum. Diantaranya komponen tujuan, perumusannya belum spesifik atau dan belum operasional, sehingga mempengaruhi dalam pilihan dan penggunaan strategi atau metode pembelajaran.Komponen isi, pengembangannya sering terlalu seperti apa adanya, karena guru-guru harus tidak pernah mengembangkan isi buku-buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan mengaitkan dengan persoalan yang sedang terjadi sekarang ini, sehingga siswa tidak  proaktif dengan perkembangan yang terjadi disekitarnya. Metode kegiatan belajar mengajar, dalam pembelajaran Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan (PPKn) bahwa metode yang digunakan hanya terpaku pada ceramah dan tanya jawab saja. Artinya guru tidak pernah menggunakan metode yang lain misalnya metode karya wisata dalam materi keindahan, kalau ini dilaksanakan oleh guru memungkin anak-anak akan lebih paham akannya keindahan dan bagaimana menjaganya. Sedangkan komponen evaluasi, pelaksanaannya belum efektif dilaksanakan. Hal ini disebabkan waktunya  cukup banyak digunakan untuk kegiatan  pembelajaran, sedangkan evaluasi porsi waktunya hampir tidak tersisa.
            Dari ulasan diatas sudah jelas bahwa belum efektifnya pengembangan dan pelaksanaan kurikulum disebabkan oleh beberapa persoalan yang telah penulis sebutkan. Observasi ini penulis lakukan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan harapan ditemukan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum Sekolah Dasar (SD) Kelas III, IV, dan V  Semester II khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang lebih baik dan bermanfaat.

B. Fokus Permasalahan PTS
            Berdasarkan latar belakang masalah yang penulis sekaligus pengawas TK/SD di Kecamatan _______  Kabupaten _______ kemukakan diatas, maka observasi difokuskan pada sejauhmana pengembangan dan pelaksanaan kurikulum mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di   SDN _______ Kecamatan   _______  Kabupaten  ______ Tahun Pelajaran _______.

C. Tujuan Observasi  / Penelitian Tindakan Sekolah   
            Penulis ingin mendapatkan gammbaran yang jelas tentang pengembangan dan pelaksanaan kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)  di SDN _______ Kecamatan   _______  Kabupaten  ______ Tahun Pelajaran _______.

D. Manfaat Observasi / Penelitian Tindakan Sekolah
            Manfaat yang penulis harapkan dari observasi adalah ingin mendapatkan  konsep dan teori pelaksanaan kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)   di SDN _______ Kecamatan   _______  Kabupaten  ______ Tahun Pelajaran _______ yang efektif dan efeisien.

E.  Hipotesis Tindakan 

Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ” efektivitas  pembelajaran PKn di  akan meningkat  jika pelaksanaan kurikulum  PKn diajarkan di SDN SDN _______ Kecamatan   _______  Kabupaten  ______ Tahun Pelajaran _______ dengan tepat dan sesuai target pengajaran.”



ATAU HUBUNGI KAMI